Laman

Senin, 23 Januari 2017

#KF5 Judul yang Melintas di Ingatan


Tiga film paling berkesan bagi saya? Kesan-kesannya sih kalau selesai nonton apapun gitu biasanya nggak bisa dijabarkan panjang lebar tapi cukup saya rasakan. Tapi biasanya jika ada yang mengesankan itu memang sulit dilupakan. So, 3 film ini saya pilih hanya berdasarkan judul apa yang paling cepat melintas di ruang ingatan saya ketika berusaha mengingat film yang pernah saya tonton.

1. Eat  Pray Love

Yah, begitulah cerita cinta itu. Sejak dahulu kala punya keunikan sendiri. Dan cerita dalam film ini sukses menginspirasi saya agar percaya cinta sejati itu ada sekaligus nantangin kapan nih saya bisa traveling.

2. Lost and Love

Karena Film yang dibintangi Andy Lau dan merupakan kisah yang berbasis cerita nyata tentang anak-anak korban trafficking dan para orang tua yang kehilangan dan mencari-cari dan merindukan anaknya ini benar-benar mengharu biru alias sukses bikin saya mewek di dalam gedung bioskop. Pesan yang tersurat pun kekinian banget, meminta masyarakat lebih peduli sekitarnya. Sebab penculikan, penganiayaan dan berbagai kejahatan lainnya sebenarnya bisa diminimalisir dan dicegah andai masyarakat mau berpartisipasi dan peduli pada hal-hal di sekitarnya.

3. Star Wars

Kesan tentang film ini? Ya pokoknya saya suka. Gitu saja. Pingin banget sih ikutan masuk ke dunia stormtrooper dan membuka helm mereka satu persatu.

HK, 23 Januari 2016

Minggu, 22 Januari 2017

#KF4 KLIK!


Bougenvil berbunga ungu memagari jalur batu berliku. Bayangan reranting yang jatuh di jalanan, terlihat seperti arsiran pensil di atas kertas bermotif abstract. Langkah-langkah kaki kami yang perlahan di bebatuan terdengar seperti suara ketukan pintu seseorang. Apakah mungkin saat itu kami sebenarnya sedang saling mengetuk pintu hati dan meminta masuk tanpa perlu percakapan lagi?

Awalnya kami tak sengaja bertatap mata. Hanya beberapa detik saja, tapi terasa berjam-jam lamanya. 'Klik'! Katup bilik jantung saya terbuka, membuat detaknya lebih berdegup seketika. Dia melihat ke arah saya, ke arah pepohonan, lalu melirik ke arah saya lagi. Hal yang sama yang saya lakukan. Kami seakan sama-sama melupakan buku yang sedang kami baca. Untungnya kami masih ingat memasukkan lembaran  jendela dunia itu ke dalam tas sebelum meninggalkan bangku kayu masing-masing. Untuk mengenali dan mendekati sesuatu yang asing yang menarik-narik genit seperti magnit.

Bukankah semua hal yang dikenal orang-orang sebelumnya adalah asing bagi mereka? Jika begitu apakah salah jika dalam hitungan beberapa menit saja, kami seperti sudah saling mengenal ribuan tahun sebelumnya?

HK, 22 Januari 2017

#KF3 Menabung Doa, Memanen Sua

Kata teman-teman saya, saya ini orang yang woles, nggak pernah berandai-andai atau mengharapkan yang muluk-muluk. Tapi sayangnya woles dan males itu kenyataannya beda tipis sih. Jadi saya ragu, woles yang disematkan ke saya itu pujian atau sindiran. Aku rapopo wes.

'Sebutkan 5 hal yang ingin kamu capai di tahun ini.'

Jika diminta menyebutkan apa yang ingin saya capai tahun ini, meski woles aka pemales ternyata saya memiliki lebih dari lima keinginan. Bah! sudah pemales banyak keinginan pula.

1. Sudah beberapa tahun ini saya menabung doa agar bisa bersua personel keluarga pea, keluarga maya kesayangan saya. Kami ingin bersua bersama-sama di satu tempat entah di mana nantinya. Tapi kalaupun memang belum bisa bersamaan, saya tetap ingin menemui mereka semua. Dan artinya saya mesti melakukan perjalanan, dari Jember ke Lubuk Linggau, ke Jambi, dan ke Riau kemudian ke Lombok. Insyaallah....

2. Diam-diam saya menabung doa agar bisa segera bersua seseorang yang sedang saya tunggu kehadirannya. Seorang lelaki sederhana yang istimewa yang bisa menjadi imam bagi saya. Aamiin....

3. Saya juga berdoa agar tahun ini bisa memenangkan lomba menulis yang berhadiah undangan ke Jakarta. Jakarta tunggu saya ya! Semoga....

4. Mendapatkan kebaikan dan kenyamanan di tempat kerja yang baru agar saya bisa punya lebih banyak waktu untuk membaca dan menulis serta menyelesaiakan wacana yang tentunda. Aamiin....

5. Menulis, mengirimkan ke media dan melihat hasil karya bisa dibaca dan dinikmati pembaca. Semoga....

HK, 21 Januari 2017

Jumat, 20 Januari 2017

#KF2 Kang... Ketemu Yuk Kang?!


Sependek ingatan saya, saya bukan orang yang mudah histeria. Bahkan ketika sedang berada di antara orang-orang yang sedang histeria karena bersua sang Idola pun saya masih sempat membatin; 'ini orang-orang pada kenapa sih teriak-teriak gini?'. Yah, begitulah, saya memang bukan seorang pendiam tapi dalam banyak hal saya adalah tipe 'silent reader'.

'Sebutkan Tiga Hal Yang Kemungkinan Akan Membuatmu Histeris'

Tantangan KF di hari kedua membuat saya berandai-andai, membayangkan apa yang kira-kira bisa membuat saya histeris ya? Hmmm.... kemarin saking serius bayanginnya, saya sampai ketiduran. Dan itulah sebabnya kenapa tulisan ini baru diposting di hari ketiga.

1. Bertemu Kang Maher Zein!
Barangkali jika mimpi saya bertemu Akang Idola ini terwujud suatu hari nanti, saya bisa histeris. Secara selain suara Kang Duta, suara Kang Maher inilah yang selalu menemani saya melewati hari-hari dari yang sepi sendiri galau tak bertepi sampai yang happy-happy.
"Akaaaaaang! Akhirnya saya bisa ketemu Akang jugaaa!"

2. Naik roller coaster bareng sahabat dekat.
Soalnya sudah pernah beberapa kali naik roller coaster sendiri nggak bisa histeris hohoho. Semoga bulan depan ketika ke wahana bareng sahabat, saya bisa benar-benar histeris atau pura-pura histeris dan bisa menjerit lebih keras dari jeritan manja cewek-cewek lain yang naik roller coaster bareng pasangannya.

3. Menang undian berhadiah rumah, mobil, sawah dan apalah-apalah yang bisa langsung diambil tanpa perlu ribet urusan prosedur dan bebas pajak.
Nah! Asli wes saya bakalan histeris ini. "Huaaaaaaaaaaaa kok bisa? Huaaaaaaa!" Histeris karena sadar nggak pernah ikutan undian apa-apa.

HK,  20 Januari 2017


  

Rabu, 18 Januari 2017

#KF1 Lelaki Sederhana yang Istimewa


Entah saya pernah membaca di mana, bahwa orang-orang yang pernah patah hati bisa melahirkan sekumpulan puisi. Tetapi pastinya saya tidak termasuk di antaranya. Sebab dulu itu, ketika hati saya dipatahkan seseorang dan saya kerap diam-diam menangis, ternyata saya tidak serta-merta berubah menjadi puitis. Sakit hati saya malah terasa ganda; sudah dipaksa kenyataan untuk move on eh masih ditambah kegagalan angan-angan untuk menjadi pujangga. Nasib....

'Jelaskan Bagaimana Tipe Kekasih Yang Kamu Dambakan'

Gleg! Tantangan KF di hari pertama sanggup mengingatkan saya pada seseorang di masa lalu sekaligus membuat saya membayangkan sosok seorang kekasih dari masa depan. Seseorang yang sekarang belum saya tahu nama dan asal-usulnya tapi sedang saya pinta dalam doa dan saya tunggu kehadirannya untuk menggenapkan perjalanan kehidupan saya.

Dia adalah seorang lelaki biasa yang menjadi istimewa karena kesederhanaannya. Seorang lelaki yang tidak malu menangis tapi tidak pernah mau membuat perempuannya menangis. Lelaki yang suka membaca buku dan bisa menjadi buku untuk saya baca. Lelaki yang bisa menjadi lelaki sejati bukan hanya bagi dirinya sendiri tapi juga bagi orang-orang yang dicintai dan mencintainya. 

Besok, lusa, atau entah kapan waktunya yang tepat dan bagaimana jalannya, saya akan dapat mengenali dan menemukan dia pun dia akan bisa mengenali dan menemukan saya karena kami 'klik'. Semoga.... Aamiin.

HK, 18 Januari 2017